Friday 16 February 2018

BAHAN BAHAYA DALAM PRODUK


10 bahan kimia berbahaya dalam produk kecantikan


Menjaga kecantikan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan bagi sebagian besar wanita. Salah satu caranya adalah dengan memakai produk kecantikan yang banyak dijual secara umum. Namun sebelum membeli produk-produk kecantikan tersebut, perhatikan bahan kimia yang dikandungnya.






Berikut ini adalah 10 bahan kimia berbahaya yang umum didapati dalam produk kecantikan.
Triclosan
Triclosan merupakan salah satu jenis bahan kimia yang paling banyak ditemukan di dalam cairan pembersih. Namun bahan kimia ini dapat membahayakan tubuh Anda sebab dapat menciptakan resistensi bakteri sehingga bakteri menjadi lebih kebal dan semakin kuat menyerang kesehatan tubuh manusia.



Methylisothiazonlinone
Zat yang sering disingkat dengan MI atau MIT ini sebaiknya Anda hindari terutama untuk kesehatan buah hati Anda. Sebab zat ini mampu menciptakan iritasi kulit bayi.
Fragrance / wewangian
Anda harus berhati-hati dengan produk kecantikan yang mengandung wewangian yang menyengat. Sebab beberapa pewangi mempunyai sifat karsinogen dan alergen.
Sodium lauryl sulfate
Bahan kimia ini banyak ditemukan di dalam sabun atau pembersih lainnya. Namun sayangnya bahan ini membuat kulit jadi lebih banyak menyerap bahan kimia sehingga mampu membahayakan kesehatan Anda.
1,4 dioxane
zat ini diketahui mempunyai sifat karsinogen atau mampu memicu munculnya kanker di dalam tubuh.
Oxybenzone
Bahan ini banyak ditemukan di dalam krim pelindung tabir surya termasuk tabir surya untuk anak-anak. Namun mampu menciptakan alergi di kulit.
Timbal
Timbal adalah salah satu bahan kimia berbahaya yang apabila dipakai secara sering akan menimbulkan kerusakan beberapa organ tubuh di masa mendatang.
BHA dan BHT
Butylated hydroxyanisole adalah salah satu bahan kimia yang sering dipakai sebagai zat pengawet di dalam produk kecantikan. Bahan kimia ini mampu membahayakan kesehatan hormon endokrin Anda.
DEA dan TEH
Dietanolamin dan triethanolamine atau yang biasa disingkat dengan DEA dan TEH merupakan bahan kimia yang mampu memicu iritasi kulit hingga kanker.
Petrolatum
Produk ini berasal dari olahan minyak bumi dan sering berganti nama menjadi minyak mineral atau petroleum jelly. Namun Anda harus berhati-hati dengan bahan kimia ini sebab mampu menyebabkan kanker, alergi, dan iritasi kulit.
Ada begitu banyak bahan kimia yang terkandung di dalam produk kecantikan yang dijual secara bebas. Oleh karena itu Anda harus benar-benar meneliti kandungan bahan kimia di dalam produk kecantikan yang Anda pakai

No comments:

Post a Comment